09 Februari, 2015

Membuat Query di Ms Access

Langkah pertama yang harus sobat lakukan adalah menyiapkan tabel tabel yang sudah pernah di buat, bagi yang belum tahu cara membuat database dan tabel di ms access bisa membaca tutorialnya di artikel sebelumnya ini


Kemudian jika sudah dibuka database dan tabelnya, maka pilih tab menu Create >> Query Design, tunggu beberapa saat hingga muncul tampilan tabel yang ingin di jadikan acuan dalam query yang akan dibuat, misal disini ada 2 pilihan tabel siswa dan tabel mapel, rekan bisa memilih salah satu tabel atau memilih semuanya dengan memilih tabel dan klik tombol Add, klik Close jika sudah



Setelah itu rekan bisa memasukkan field-field yang ada di tabel tersebut, dengan memilih field seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini



Jika rekan ingin menambahkan kriteria tertentu, semisal ; ingin menampilkan nama siswa yang bernama Hasan, maka pada bagian criterian di field Nama_siswa rekan tuliskan "Hasan".



Kemudian untuk melihat hasilnya rekan bisa memilih menu Run, atau bisa juga Memilih View >> Datasheet View.

Note : untuk kriteria, rekan bisa menerapkan untuk memanggil kriteria tertentu sesuai dengan contoh masalah yang rekan ingin selesaikan, yang terpenting jika ingin mencari data dengan type teks gunakan " " (tanda petik)

Sumber Artikel: http://dasar-office.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung di blog kami ini, semoga bermanfaat, dan tinggalkan pesan dan saran dari anda.di kolom tersedia di bawah ini. Terimakasih.Jazakumullah khairan.